Jenis Bahan Gantungan Kunci – Gantungan kunci merupakan suatu gantungan dengan bentuk mini yang dipakai untuk mengaitkan suatu benda dan biasanya benda yang akan digantung dilengkapi dengan lunang berukuran sangat kecil. Gantungan kunci juga menjadi benda yang bisa dikaitkan atau dihubungkan dengan gantungan kunci lainnya, agar kunci terkumpul dalam satu gantungan.

Bentuk gantungan kunci sangatlah bervariasi dan gantungan kunci dibuat dengan berbagai tujuan yang berbeda. Gantungan kunci untuk kegiatan iklan biasanya dipakai untuk promosikan perusahaan, perguruan tinggi, promosikan bisnis dan masih banyak yang lainnya. Iklan gantungan kunci biasanya dibuat dengan menyertakan nama bisnis, logo bisnis atau kontak bisnisnya.

Gantungan kunci memang menjadi cara promosi yang berbiaya murah, jika dibandingkan dengan cara promosi lainnya. Gantungan kunci menjadi cara promosi unik yang banyak dijalankan oleh para pengusaha. Pada dasarnya gantungan kunci terdiri dari berbagai macam bentuk dan bahan pembuatannya juga bervariasi.

Jenis Bahan Gantungan Kunci

Ilustrasi Gantungan Kunci
Ilustrasi Gantungan Kunci, Sumber : dekoruma.com

Jika menyebut souvenir, indentik dengan sebuah aksesori yang disebut gantungan kunci. Gantungan kunci sendiri adalah benda kecil yang terbuat dari bahan-bahan tertentu dan memiliki gantungan ring, tali dan semacamnya.

Aksesori ini banyak dijumpai di tempat-tempat wisata. Gantungan kunci juga dijadikan sebagai alat iklan atau media promosi. Sebagai media promosi, gantungan kunci umumnya memuat logo atau informasi lain terkait brand suatu merek.

Pada dasarnya gantungan kunci bisa berupa apapun dan terbuat bahan padat apapun. Berikut ini beberapa jenis gantungan kunci berdasarkan bahan penyusunnya.

1. Akrilik

Gantungan kunci yang terbuat dari bahan akrilik merupakan salah satu gantungan kunci yang diminati banyak masyarakat, karena bentuknya sangat menarik dan terlihat lebih modern. Gantungan kunci akrilik juga biasanya ditawarkan dengan harga yang rendah dan banyak pengusaha gantungan kunci yang menawarkan gantungan kunci akrilik dengan desain sesuai keinginan.

2. Resin

Resin adalah jenis akrilik cair. Bahan ini membuat benda tampak mengkristal. Gantungan kunci resin biasanya berisi foto, boneka mini, manik-manik, dan sebagainya.

3. Karakter

Pengusaha gantungan kunci biasanya menyediakan gantungan kunci bentuk karakter sesuai dengan keinginan, sehingga akan membuat pemesannya menjadi lebih puas. Gantungan kunci bentuk karakter yang familiar seperti superhero, boneka hewan, pakaian adat, tokoh internasional, tokoh nasional dan masih banyak lagi yang lainnya.

4. Dompet

Ilustrasi Gantungan Kunci Dompet
Ilustrasi Gantungan Kunci Dompet, Sumber : tokoonline88.com

Dompet merupakan barang penting yang selalu dibawa, karena didalamnya biasanya berisikan uang tunai. Dompet juga banyak dibuat dalam versi yang lebih kecil, bahkan sering dijadikan sebagai gantungan kunci dengan bentuk yang unik. Gantungan kunci dompet biasanya dipakai untuk menyimpan berbagai kart-kartu penting seperti kartu Bpjs, Npwp, Atm, Ktp dan kartu lainnya.

5. Kulit

Kulit merupakan bahan pembuatan barang yang umumnya dijadikan jaket atau tas, namun kulit juga sudah banyak dijadikan gantungan kunci dengan bentuk yang keren. Gantungan kunci yang terbuat dari kulit biasanya dibentuk menjadi tokoh pewayangan, sepatu, ransel dan masih banyak yang lainnya. Gantungan kunci dari bahan kulit memang akan terlihat lebih mewah.

6. Karet

Karet merupakan salah satu bahan yang tahan lama dan karet bentuknya tidak kaku, sehingga tidak mudah patah atau putus. Karet menjadi bahan yang cocok untuk dirangkai menjadi gantungan kunci, karena bahannya aman dan karet tidak akan mudah pudar saat kepanasan atau kehujanan. Gantungan kunci yang terbuat dari karet biasanya disukai anak-anak dan sering juga dijadikan mainan anak-anak.

7. Kayu

Ilustrasi Gantungan Kunci Kayu
Ilustrasi Gantungan Kunci Kayu, Sumber : josouvenir.com

Kayu menjadi bahan dari alam yang sangat mudah untuk diperoleh dan kayu bisa dibentuk menjadi barang-barang yang unik. Kayu sangat cocok dijadikan bahan pembuatan gantungan kunci. Gantungan kunci yang paling populer dari kayu seperti miniatur mobil, miniatur bis, miniatur pesawat, miniatur rumah, miniatur motor dan masih banyak yang lainnya.

8. Flannel

Flanel menjadi bahan yang cocok untuk membuat gantungan kunci, karena sangat mudah untuk dibentuk dan gantungan kunci flannel biasanya memiliki tampilan yang lucu. Gantungan kunci bentuk flannel yang paling banyak ditemukan seperti bentuk boneka, bentuk alat tidur, bentuk sepatu dan berbagai bentuk unik lainnya.

9. Kain

Bahan lain yang bisa dijadikan gantungan kunci adalah kain. Belakangan kain flannel populer dibuat untuk berbagai kerajinan tangan, salah satunya gantungan kunci.

10. Metal

Material lain yang banyak digunakan untuk gantungan kunci, adalah logam. Mulai dari besi, alumunium, perunggu, stainless steel, dan sebagainya. Stainless steel saat ini banyak digunakan untuk perabotan rumah tangga bahkan sampai digunakan sebagai bahan untuk pembuatan keranda jenzah. Gantungan kunci metal dibuat dengan cetakan, ukir dan sebagainya.

11. Tali

Tali juga bisa dijadikan sebagai gantungan kunci. Caranya dengan membentuknya menjadi anyaman atau kepangan. Gantungan kunci dari tali tak kalah populer di kalangan anak muda sekarang.

Demikianlah ulasan mengenai beberapa jenis bahan gantungan kunci yang perlu Anda ketahui. Anda tinggal pilih mana yang menjadi bahan kesukaan Anda. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. Simak artikel bermanfaat lainnya seputar medali, plakat, dan souvenir di sini.