Medali adalah tanda prestasi yang dipakai pada acara perhelatan akbar olahraga hingga tingkat dunia. Salah satunya perhelatan Asian Games. Medali Asian Games, selain bahannya yaitu emas, perak dan perunggu menjadi lambang prestasi, desain medali yang unik dan bermacam-macam bisa menjadi daya tarik tersendiri untuk dibahas.

Produsen medali di Indonesia sebenarnya memiliki keahlian yang memadai untuk membuat barang yang satu ini. Tidak terkecuali di Jogja, banyaknya lokasi jual medali Jogja merupakan bukti bahwa Jogja memili banyak orang yang ahli membuat medali yang bagus.

Meski perhelatan olahraga Asian Games yang diselenggarakan pada bulan Agustus lalu di Indonesia sebagai tuan rumah telah usai, namun euforia serta semangatnya masih membekas sampai sekarang. Berbagai fakta menarik terkait Asian Games terus menjadi pembahasan yang hangat terutama desain medali Asian Games yang unik dan menjadi perebutan atlet yang bertanding dari seluruh penjuru Asia.

Desain Terlebih Dahulu Diperkenalkan

Medali Asian Para Games, sumber ig iyangpictures

Medali Asian Para Games, sumber ig @iyangpictures

Peluncuran model dan desain medali Asian Games 2018 telah terlebih dahulu dipublikasikan bahkan 50 hari sebelum acara perhelatan olahraga terbesar di kawasan Asia tersebut di smulai. Desain medali Asian Games di luncurkan bersamaan dengan peluncuran Theme Song Asian games 2018 serta informasi resmi penjualan tiket dan pada agen resmi panitia penyelenggara Asian Games 2018 ke 18.

Peluncuran desain medali tersebut di lakukan pada malam konser meraih Bintang. Tentunya desain medali versi Indonesia ini di sambut dengan antusias karena desain medali terkandung corak batik yang menyiratkan makna mendalam terkait budaya Indonesia. Menurut panitia penyelenggara Asian Games 2018, corak batik tersebut sebagai cerminan dan representasi wajah dan kearifan lokal Indonesia.

Selain itu, corak batik pada medali Asian Games 2018 sebagai bentuk diplomasi budaya Indonesia yang cukup berpengaruh dan ampuh. Nantinya pemenang dari negara lain pada olahraga tertentu akan membawa pulang medali dan secara tidak langsung membawa serta desain batik yang sudah melekat pada medali. Orang lain yang akan melihat corak batik tersebut tentu akan mencari tahu tentang batik.

Desain medali Asian Games 2018 terdiri dari logo Asian Games, nama event dan juga adanya tulisan Indonesia – Palembang sebagai lokasi terselenggaranya pesta olahraga terbesar di Asia ini. pesan tersirat dari desain ini bukan hanya menonjolkan budaya Indonesia saja, namun juga dapat dijadikan magnet yang cukup kuat dalam menarik wisatawan mancanegara khususnya negara yang bertanding.

Perbedaan Medali Asian Games dengan Medali Asian Para Games

Setelah Asian games berjalan dengan lancar, selanjutnya Indonesia menyelenggarakan Asian Para Games yang berlangsung setelah Asian Games. Jika pada desain Asian games diberikan corak batik, desain medali Asian Para Games lebih mengkhususkan akomodasi kepada para atlet yang penyandang difabel. Desain medali Asian para Games terinspirasi dari medali Paralimpiade 2016 di Brazil.

Medali Asian Games, sumber ig kabarklasmen

Medali Asian Games, sumber ig @kabarklasmen

Panitia acara langsung terbang ke Bali menghubungi atlet yang memenangkan medali Paralimpiade di Brazil pada tahun 2016 kemudian desain medali tersebut diserap dan dijadikan sebagai bagian dari desain medali Asian Para Games tahun 2018. Jika nama event dan logo pada medali Asian Games hanya di cetak 2D saja, nama event dan logo pada desain medali Asian Para Games dicetak menonjol.

Desain menonjol atau 3D ini untuk mengakomodasi para atlet yang menyandang difabel. Ada juga penambahan bola-bola pada bagian tengah yang dapat mengeluarkan bunyi ketika digerakkan untuk mengakomodasi atlet penyandang tuna netra. Medali Asian Games yang unik memang selalu menjadi sorotan di mana pun di selenggarakannya perhelatan olah raga tersebut.

Selain itu, ada beberapa perbedaan desain antara medali Asian Games 2018 dengan medali Asian Para Games 2018. Jika medali Asian Games 2018 hanya di berikan logo, nama event, serta lokasi penyelenggaraan saja. Desain medali Asian Para Games 2018 juga diberikan sebuah kalimat “Sprirt of Asia” di mana kata-kata tersebut mampu membangkitkan semangat para altet yang bertanding.

Demikian beberapa informasi menarik terkait medali Asian Games 2018 lalu yang diadakan di Indonesia. Semoga informasi ini bisa menghibur dan menjadi asupan gizi yang baik bagi pikiran kita. Simak informasi khas medali dan souvenir Jogja lainnya di halaman ini.