Yogyakarta merupakan salah satu kota yang memiliki banyak sekali daya tarik tempat wisata untuk para wisatawan. Mulai dari tempat bersejarah seperti Taman Sari, Benteng Vredeburg, Candi Prambanan, Keraton Yogyakarta, serta beberapa tempat lainnya. Jika Anda sedang berkunjung ke Jogja jangan lupa untuk membeli oleh-oleh jogja yang cocok untuk dibawa sepulang wisata.

Yogyakarta memiliki banyak sekali jenis souvenir yang unik dan menarik. Sebagai wisatawan tentu Anda membutuhkan oleh-oleh atau cenderamata, yang bisa dijadikan kenang-kenangan ketika mengunjungi sebuah tempat wisata. Selain itu, oleh-oleh juga bisa Anda berikan kepada orang-orang terdekat.

Daftar Oleh-oleh Khas Jogja yang Cocok untuk Dibawa Pulang

Jika Anda berkesempatan untuk berwisata ke Jogjakarta, Anda akan disuguhkan dengan berbagai macam alternatif. Jalan-jalan, Makan-makan, termasuk juga belanja adalah beberapa yang bisa Anda nikmati selama berwisata. Nah, bagi Anda yang hobi berbelanja, berikut ini oleh-oleh Jogjakarta yang bisa Anda bawa pulang.

1. Batik

Jika sedang berkunjung ke Jogja, rasanya kurang afdol ketika tidak membeli oleh-oleh yang satu ini. Anda bisa membeli batik di Pasar Beringharjo yang berada di Jalan Malioboro, serta di beberapa tempat penjual batik lainnya. Di Pasar Beringharjo terdapat banyak sekali jenis batik. Mulai dari jenis kemeja, rok, daster, kaos, pendek, celana panjang serta kemeja wanita. Bukan hanya itu saja terdapat juga beragam benda-benda menarik seperti gantungan kunci, sandal, kerudung, dompet dan masih banyak lagi yang menggunakan motif batik. Jika Ada tertarik untuk membeli oleh-oleh khas Jogjakarta satu ini, Anda juga harus Mahir ketika tawar menawar. Dengan demikian maka Anda akan mendapatkan harga yang lebih rendah.

2. Gerabah Kasongan

Souvenir Jogja yang cocok untuk dibawa pulang sepulang wisata yang kedua yaitu gerabah Kasongan. Souvenir khas Jogja ini, bisa Anda dapatkan dari pusat gerabah yang ada di Kasongan. untuk bisa mendapatkannya, Anda harus berkendara menuju arah Kasongan, Bantul.

Di sana terdapat beragam macam produk yang terbuat dari gerabah. Vas bunga, asbak, guci, lampu hias, tempat lilin hingga hiasan dinding semuanya ada pusat industri gerabah Kasongan. Anda akan terpesona dengan produk-produk yang dijual. Karena produk yang dijual memiliki kualitas tinggi. Anda cukup memilih gerabah yang Anda sukai sebagai souvenir khas Jogjakarta, dan harganya disesuaikan dengan jenis barang yang Anda pilih.

Gudeg Jogja, sumber ig ibujepret

Gudeg Jogja, sumber ig @ibujepret

3. Kaos Dagadu

Oleh-oleh khas Jogja satu ini merupakan salah satu produk kreatif anak muda Jogja. Kaos Dagadu merupakan salah satu buruan para wisatawan yang lagi berlibur ke Jogja. Rasanya akan lebih komplit ketika pulang dari Jogja kemudian membeli kaos dagadu.

Anda juga bisa menemukan kaos khas Jogja satu ini di lower ground Malioboro Mall, Ambarukmo Plaza serta daerah pakuningratan dengan beragam ukuran, warna serta model. Harganya, kaos Dagadu ini bisa Anda peroleh dengan mengeluarkan budget sebesar Rp 40.000 hingga Rp 80.000.

4. Kerajinan perak

Jika Anda termasuk salah satu orang yang senang dengan produk kreatif, kerajinan perak merupakan salah satu oleh-oleh dari Jogja yang wajib dibeli. Anda bisa menemukan barang kerajinan satu ini di Kotagede yang merupakan sentra kerajinan perak. Anda bisa dengan mudah ke Kotagede dengan memanfaatkan jasa sewa mobil Jogja yang banyak tersedia di Yogyakarta.

Di Kotagede, terdapat banyak showroom yang memamerkan beragam aneka produk yang terbuat dari Perak. Cincin, kalung, bros bahkan patung binatang yang terbuat dari perak semuanya ada di sana. Anda juga bisa ikut kursus membuat kerajinan perak. Di Kotagede terdapat banyak bengkel yang menyediakan kursus untuk para pengunjungnya. Anda bisa mendesain serta membuat menggunakan bantuan instruktur.

5. Gudeg kering

Oleh-oleh khas Jogja satu ini juga tidak boleh Anda lewatkan ketika berkunjung ke kota pelajar. Di Jogja terdapat dua jenis gudeg. Gudeg Basah serta gudeg kering. Gudeg kering merupakan gudeg yang kerap dijadikan oleh-oleh khas Jogjakarta untuk keluarga yang kangen dengan masakan Jogja. Gudeg ini kering bisa tahan lebih lama Kurang lebih 3 hari ketika disimpan di kulkas.

Demikian ulasan mengenai oleh-oleh khas Jogjakarta yang bisa Anda bawa pulang setelah berwisata di Jogjakarta. Masih banyak oleh-oleh lainnya yang juga unik dan menarik untuk Anda buru. Semoga ulasan ini bermanfaat dan simak ulasan lainnya mengenai souvenir dan jual medali Jogja di halaman Jo souvenir.