Wisuda kelulusan merupakan sesuatu yang sangat membahagiakan bagi orang tua yang memiliki anak menepuh pendidikan. Dengan berbagai pernak-pernik wisuda yang dipakai sang anak menambah bangga orang tua. Setelah wisuda maka yang akan timbul dalam benak setiap orang tua dan juga anak adalah bekerja atau melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Wisuda adalah momen perpisahan yang kadang mengharukan. Maka tak heran berbagai perasaan campur aduk menjadi satu. Dan untuk selalu mengingat momen yang sangat berarti tersebut tak jarang pihak panitia membuat semacam pernak-pernik wisuda yang nantinya bisa dijadikan kenangan untuk yang telah lulus.

Pernak-pernik Wisuda

Piala memiliki konotasi prestasi. Sumber unsplash

Selain tujuan pembuatannya untuk kenangan, ada juga pernak-pernik wisuda yang di buat untuk diserahkan kepada siswa yang lulus dengan prestasi yang bagus. Hal ini sebagai bentuk penghargaan bagi siswa berprestasi atas kerja kerasnya selama ini. Bahkan ada pula penghargaan dengan kategori unik.misal siswa paling pendiam, siswa paling gokil dan sebagainya.

Beberapa pernak-pernik wisuda kelulusan

Pernak-pernik wisuda memiliki berbagai fungsi, selain sebagai barang yang dijadikan kenangan selama pendidikan juga bisa dijadikan asesoris penampilan ketika di wisuda. Dibawah ini merupakan pernak-pernik wisuda yang biasa dipakai dalam acara wisuda kelulusan.

Pin atau souvenir gantungan kunci

Penggunaan barang pernak-pernik wisuda seperti pin dan gantungan kunci bisa ditebak kegunaannya. Wisuda yang merupakan momen sekali selama masa pendidikan merupakan momen yang tak bisa dilupakan. Oleh karena itu penggunaan cendera mata dalam bentuk souvenir gantungan kunci sangat penting dalam acara tersebut.

Selain bisa dibagikan kepada para wisudawan pernak-pernik wisuda ini bisa juga dibagikan kepada tamu undangan. Pin ataupun gantungan kunci bentuk pin yang biasa digunakan adalah gantungan kunci printing dalam bentuj bukat. Selain memiliki harga terjangkau, gantungan kunci tersebut praktis.

Selain gantungan kunci dalam bentuk pin yang harganya terjangkau ada pula gantungan kunci dalam bentuk akrilik yang terdapat sablonan tulisan di dalamnya. Harga gantungan kunci seperti ini cenderung lebih mahal akan tetapi terlihat lebih bagus daripada gantungan kunci bentuk pin.

Samir

Samir merupakan kalung yang berasal dari kain yang dikombinasikan warna warni dengan ujungnya berupa pin yang berukuran besar. Biasanya pin tersebut berbentuk dan bergambar logo institusi pendidikan dari sekolah yang bersangkutan. Penggunaan kalung samir selain sebagai asesoris penampilan juga sebagai tanda simbolis bahwa anak didik yang bersangkutan telah lulus.

Biasanya dalam suatu acara wisuda kelulusan yang akan diberikan secara simbolis oleh Kepala Sekolah atau rektor perguruan tinggi adalah samir. Dan penyerahannya biasanya langsung dikalungkan kepada perwakilan dari peserta didik. Harga samir bervariasi tinggal jenis bahan yang dipakai dan juga jumlah pesanan. Harganya berkisar mulai dari 25 ribu perbuah dan biasanya tersedia samir dari akrilik dan juga kuningan.

Plakat

Pernak-pernik kelulusan selanjutnya adalah plakat. Pada sekolah tingkat menengah biasanya ketika akan melaksanakan wisuda kelulusan panitia membuat plakat yang berganbar wajah imut peserta didik pemilik plakat. Dengan berasal dari akrilik maka harganya cenderung lebih murah. Maka tak heran jika sekolah menengah menggunakan pernak-pernik wisuda ini untuk memberikan kenang-kenangan kepada peserta didik.

Selain plakat tersebut ada juga plakat yang lebih ‘resmi’. Plakat seperti ini harganya lebih mahal karena menggunakan resin atau fiberglass dalam produksinya. Dengancetakan resin maka bentuk yang diciptakan bervariasi. Palakat resin ini biasanya terdapat tulisan di bagian tengah resin yang transparan. Dan untuk plakat type seperti ini ada yang memiliki bentuk menyerupai piala. Untuk harga sebuah plakat fiberglass bisa mencapai 120 ribu. Harga tergantung ukuran dan jumlah pesanan.

Dan jenis plakat yang lain yang lebih murah dari bahan fiber adalah plakat berupa kayu berbentuk seperti gunungan kayu. Dengan dihiasi ornamen dan juga tulisan keemasan harga plakat gunungan kayu rata-rata 60 ribu rupiah tergantung jumlah pesanan. Selain kayu ada pula yang menggunakan marmer dalam pembuatannya.

Piala

penggunaan piala biasanya hanya untuk anak didik yang berprestasi baik prestasi akademik maupun prestasi non akademik seperti prestasi dalam olahraga ataupun ketrampilan lain. Pernak-pernik wisuda yang satu ini memang lain dari berbagai pernak-pernik wisuda lainnya. Piala memiliki konotasi prestasi sehingga penerima piala adalah yang berprestasi tentunya.

Karena jarangnya pengrajin piala dari logam dan juga terkendala harga barang baku yang mahal kini piala yang dahulunya memakai logam kini berubah menjadi barang yang terbuat dari plastik atau campuran plastik dan marmer. Dengan demikian harga yang ditawarkan sangat murah bahkan sampai hanya 10 ribu perbuah.

Selain piala plastik yang murah ada pula piala yang terbuat dari marmer. Dengan harga lebih mahal bisa dijadikan alternatif pilihan dalam pengadaan piala. Masih banyak lagi model piala yang diproduksi oleh pembuat pernak-pernik wisuda.

Pernak-pernik wisuda

Medali menjadi salah satu barang yang diberikan karena penghargaan. Sumber unsplash

Medali

penggunaan medali bisa menggantikan fungsi piala. Dengan terbuat dari bahan logam tentunya pernak-pernik wisuda satu ini terlihat lebih elegan ketika disematkan kepada wisudawan. Alangkah lebih baiknya jika medali yang dibuat untuk penghargaan karena prestasi dibuat dengan logam terbaik yaitu emas, perak atau perunggu.

Itulah pernak-pernik yang dapat dipakai ketika acara wisuda kelulusan. Dengan menggunakan souvenir ataupun pernak-pernik wisuda tersebut maka momen yang tidak bisa terlupakan tersebut dapat di kenang kembali ketika melihat barang berupa pernak-pernik tersebut. Untuk pembuatan pernak pernik tersebut bisa dipercayakan ke jasa pembuatan souvenir Jogja yang terpercaya yaitu JoSouvenir.

Chat WA