Sovenir dari keramik belum banyak menjadi pilihan. Bisa jadi karena belum banyak produk sovenir dari keramik yang dipromosikan. Padahal banyak sovenir dari keramik yang unik dan menarik untuk menjadi pilihan. Jika Anda menginginkan sovenir pecah belah, namun sudah bosan dengan benda pecah belah yang terbuat dari kaca karena Anda menganggap sudah terlalu mainstream dan banyak yang menggunakannya. Anda menginginkan sesuatu yang berbeda, yang menjadikan kesan berkelas, elegan, bermanfaat, dan dikenang? Mungkin sovenir dari keramik yang unik dapat memberikan jawaban atas keinginan Anda itu.

Asal Mula Keramik

Mungkin yang Anda ketahui selama ini bahwa keramik berasal dari Cina, karena banyak sekali lukisan Cina yang menyertai hiasan – hiasan keramik di rumah Anda. Namun tahukah Anda kalau keramik sebenarnya berasal dari Mesir dan sudah ditemukan sejak zaman purbakala. Ketika ditemukannya api, dari situlah keramik mulai tercipta, sekitar tahun 15.000 SM.

Tentu saat ditemukan saat itu keramik masih memiliki bentuk yang sangat sederhana. Kemudian kerajinan keramik terus berkembang, membuatnya menjadi sebuah barang seni yang menghias gedung atau rumah, namun juga sebagai barang tepat guna. Keramik memiliki ciri utama permukaan yang mengkilap, dan warna pada lukisan keramik terlihat begitu menyatu dengan badan keramik, serta tidak menyerap air. Keramik dibuat dengan teknik tanah liat yang dibakar, sama halnya seperti gerabah, namun keduanya memiliki perbedaan, yaitu:

1. Bahan Campuran

Bahan dasar keramik adalah tanah liat. Namun tidak tanah liat 100%. Beberapa mineral seperti kwarsa, feldspar, dan kaolin ditambahkan dalam keramik. Bahan tambahan ini berguna dan menentukan kualitas dari sebuah keramik. Sedangkan pada kerajinan gerabah tidak ditambahkan bahan tambahan tersebut.

Sovenir dari Keramik, sumber ig potteryaddicts

Sovenir dari Keramik, sumber ig @potteryaddicts

2. Suhu Pembakaran

Meskipun teknik pembuatan sama dengan gerabah atau genting, yaitu tanah liat yang dibakar, namun suhu yang digunakan pada pembakaran tanah liat untuk dijadikan keramik mencapai 1.200°C, lebih tinggi dari gerabah atau lainnya. Pembakaran dengan suhu yang tinggi menjadikan keramik lebih ringan.

3. Cara Pewarnaan

Bahan keramik normalnya terlihat lebih berwarna dibandingkan bahan pecah belah lainnya. Hal ini karena bahan keramik lebih mudah diwarnai dan tidak memiliki warna asli yang khas. Pewarnaan pada keramik dilakukan sebelum pembakaran, sehingga warna yang diberikan pada keramik menyatu dengan badan keramik. Berbeda dengan gerabah yang pewarnaannya dilakukan setelah proses pembakaran.

Fungsi dan Bentuk Unik dari Keramik

Kelebihan yang dimiliki keramik membuatnya pantas untuk dijadikan sebagai sovenir pada acara – acara penting Anda. Kelebihan ini bisa ditinjau dari fungsi dan bentuk sovenir yang Anda pilih. Berikut referensi sovenir dari keramik yang unik:

1. Tempat Bumbu Dapur

Tempat bumbu dapur seperti garam, merica, dan lainnya dari bahan keramik cocok dijadikan sovenir, karena tidak membutuhkan ukuran yang begitu besar, simple, dan dapat dicuci. Bentuknya kini pun sudah bermacam – macam dan unik, seperti bentuk orang yang sedang berpelukan, baju pengantin, tuxedo, berbagai bentuk binatang – binatang lucu, love, telur, kedelai, dan lainnya.

2. Tempat Tusuk Gigi

Selain bumbu dapur, benda lainnya dari keramik yang dapat digunakan, dan cocok digunakan untuk sovenir adalah tempat tusuk gigi, lagi – lagi dengan ukuran yang kecil, menjadikannya simple, dan bentuk yang bermacam – macam, menjadikannya lucu dan imut.

Sovenir dari Keramik, sumber ig 0ctopus8

Sovenir dari Keramik, sumber ig @0ctopus8

3. Celengan

Apabila Anda memiliki kebiasaan menabung, dan ingin menularkan kebiasaan Anda tersebut, Anda dapat jadikan celengan dari keramik ini sebagai sovenir di acara Anda. Bentuknya yang lucu dan imut dapat menjadikan siapa saja yang melihat celengan keramik ini akan rajin menabung tanpa disadari. Selain itu, celengan bisa juga menjadi ornamen tambahan untuk interior desain rumah Anda bukan?

Bagaimana untuk harga? Harga sovenir dari keramik ini memang agak sedikit mahal bila dibandingkan dengan jenis sovenir lainnya. Namun itu semua kembali lagi kepada kualitas keramik yang Anda pilih. Semakin baik kualitasnya, maka harganya pun juga semakin mahal. Untuk sovenir keramik seperti referensi di atas memiliki kisaran harga Rp. 5.000 – Rp. 30.000 per buahnya.

Demikian beberapa informasi terkait sovenir dari keramik untuk Anda. Sovenir adalah barang pemberian yang memberikan kesan di setiap momen berharga Anda. Maka pilihlah sovenir yang terbaik. Simak ulasan sovenir Jogja lainnya di halaman josouvenir.com.