Ketika Anda menghadiri suatu acara, baik kantor, apalagi acara pernikahan, pasti Anda mendapatkan souvenir. Souvenir dari berbagai macam jenis dan bentuknya. Mungkin untuk jenis souvenir yang siap pakai seperti payung, gelas, dan sejenisnya dapat langsung Anda gunakan, namun juga tidak semuanya, lalu bagaimana dengan souvenir jenis lainnya? Tidak perlu risau, berikut cara merawat souvenir – souvenir Anda.

Cara Merawat Souvenir

Apakah souvenir Anda menumpuk di rumah karena saking banyaknya acara yang Anda ikuti, dan pesta pernikahan yang Anda datangi? Lalu Anda kebingungan bagaimana memperlakukan souvenir Anda, karena tidak semuanya dapat Anda gunakan, meskipun itu souvenir siap pakai sekalipun. Saking menumpuknya souvenir dan rasa frustasi Anda, Anda berniat untuk membuangnya? Coba pikirkan kembali.

Souvenir yang menumpuk, mungkin akan menjadi hal yang unik dan menarik dari diri Anda, yang jarang orang lain lakukan atau bahkan akan menjadi inspirasi kelak untuk lainnya. Dan mungkin selanjutnya Anda akan semakin berburu souvenir untuk menambah koleksi Anda di rumah.

Untuk menjadikan tumpukan souvenir menarik, coba perlakukan souvenir tersebut dengan baik. Bagaimana cara merawatnya agar tetap bisa menjadi koleksi yang bisa bertahan lama? Berikut ada beberapa cara merawat souvenir yang dapat Anda ikuti:

1. Siapkan Tempat Khusus

Cara Merawat Souvenir Lemari Kaca, src: dekoruma
Lemari Kaca, src: dekoruma

Tempat khusus yang dimaksudkan adalah lemari atau rak. Usahakan lemari atau rak kaca, agar souvenir dapat terlihat dari luar. Lalu tempatkan di ruang publik di rumah Anda, seperti ruang tamu misalnya. Sehingga ketika tamu berkunjung ke rumah Anda, mereka dapat melihat keunikan koleksi Anda.

Selain itu, dengan ditempatkan dalam lemari atau rak dapat meminimalisir debu yang menempel pada souvenir Anda. Sehingga bisa membuat souvenir yang anda miliki bisa bertahan lebih lama dan terlihat lebih bagus untuk di lihat.

Baca Juga : Cara Merawat Medali dengan Baik dan Benar

2. Tata Souvenir

Ketika lemari atau rak kaca sudah siap, maka letakkan souvenir – souvenir Anda di dalamnya. Tetapi ingat, tidak dengan serta merta Anda menaruhkannya begitu saja. Agar terdapat nilai estetika ketika dipandang, maka koleksi souvenir – souvenir Anda harus diatur tata letaknya.

Anda dapat mengaturnya sesuai dengan keinginan Anda atau bisadi kelompokkan souvenir berdasarkan besarnya, jenisnya, bahannya, atau variasi dari semua jenis dan bentuk souvenir. Atau Anda dapat menambahkan hiasan atau pernak pernik lainnya, seperti background, atau alas souvenir, guna menambah suasana penampilan souvenir Anda di dalam lemari atau rak kaca.

3. Bersihkan Secara Teratur

Cara Merawat Souvenir Membersihkan Souvenir
Membersihkan Souvenir

Meskipun souvenir sudah diletakkan di lemari atau rak kaca, namun tidak menutup kemungkinan souvenir yang anda miliki akan berdebu nantinya. Oleh karena itu, bersihkan souvenir anda secara teratur. Ada dua cara untuk membersihkan souvenir anda :

  • Kain basah. Ini bisa digunakan untuk hampir semua jenis souvenir. Anda bisa menggunakannya untuk mengelapnya, kemudian setelahnya dikeringkan dengan kain kering yang bersih, kalau perlu diangin – anginkan terlebih dahulu sebelum dimasukkan kembali dalam rak/lemari. Cara ini untuk memastikan souvenir kering dengan sempurna. Karena bila tidak kering sempurna, akan menimbulkan jamur dapat tumbuh dan merusak souvenir Anda.
  • Kain kering. Ini digunakan untuk bahan souvenir yang tidak boleh terkena air. Seperti halnya yang berbahan kertas atau yang sejenisnya. Dengan begitu anda tetap bisa membersihkan souvenir anda agar tetap bisa bersih selalu.

Dengan dibersihkan secara teratur, koleksi souvenir Anda lebih terawat, bersih, dan dapat segera diketahui bila ada souvenir yang sudah tidak baik kondisinya. Anda dapat meletakkan kapur barus atau penyerap kelembaban di dalam lemari atau rak kacanya, agar kondisi di dalam tetap kering, dan terhindar dari binatang – binatang kecil perusak.

4. Tata Ulang

Cara yang keempat ini adalah cara optional (pilihan) yang dapat Anda lakukan. Tata ulang berarti menata ulang posisi dari tampilan souvenir – souvenir Anda. Langkah ini dilakukan untuk menimbulkan variasi dari tampilannya, membuat Anda atau orang lain yang memandangnya tidak bosan. Namun bila Anda sudah nyaman dengan posisi awal, tidak menjadi masalah apabila tidak mengubahnya lagi.

Demikian ulasan kami tentang cara merawat souvenir. Mungkin artikel ini bisa membantu anda dan bisa menambah wawasan anda terkait dengan souvenir anda. Jangan lupa untuk membaca artikel souvenir murah kami lainnya. Sampai Jumpa.