Berbicara mengenai medali mungkin yang terlintas dalam benak setiap orang adalah acara perlombaan olahraga atau kompetisi lainnya. padahal tidak demikian. Medali bisa di gunakan untuk berbagai kepeluan semisal sebagai cinderamata, souvenir penghargaan non perlombaan dan sebagainya. Saat ini banyak juga perusahaan yang selain jual medali juga memproduksi medali kustom dengan desain medali sesuka konsumen.

Bahan medali biasanya jika bukan perak, memakai emas atau perunggu. Namun untuk desain medali kustom, anda bisa memesan medali dengan bahan sesuai selera anda. Medali dengan bahan emas atau perak tentu akan berharga mahal. Sedangkan untuk pembuatan partai besar seperti medali  untuk cinderamata tentu menggunakan bahan logam lain yang lebih murah.

Salah satu penyedia jasa pembuatan medali kustom adalah JoSouvenir di Jogja yang berpengalaman dalam pembuatan medali. Jika anda berminat, anda bisa menghubunginya. Sedangkan untuk membuat desain medali sesuai keinginan konsumen, maka ada beberapa kiat yang bisa diikuti agar desain yang dibuat cocok.

1. Tema Acara

Desain Medali
Medali olimpiade penyandang disabilitas. Sumber paralympic.org

Tip terpenting dalam memilih desain medali khusus adalah harus menyesuaikan dengan tema acara. Apakah medali digunakan sebagai cinderamata acara tertentu? Mungkin untuk acara olahraga tahunan?. Anda akan memilih desain yang sesuai dengan tema acara. Selain itu jika penerima medali adalah orang terbatas, seperti pemenang lomba anda bisa menggunakan bahan yang mahal.

Namun jika acaranya adalah dengan mengumpulkan banyak orang dan anda akan membagikan medali tersebut secara cuma-cuma sebagai bentuk buah tangan, maka anda bisa menggunakan bahan yang murah. Tema acara yang diselenggarakan juga mempengaruhi desain medali. Medali untuk kegiatan amal tentu saja berbeda desainnya dengan medali untuk pemenang kompetisi olahraga.

2. Tonjolkan Sesuatu Yang Spesial

Desain medali yang anda buat harusnya menonjlkan sesuatu yang spesial sehingga akan mudah sekali diingat momen dimana dan pada kesempatan apa medali tersebut di peroleh. Biasanya dalam acara kompetisi olahraga atau acara resmi lainnya, maka logo resmi acara yang akan menghiasi desain medali yang di rancang.

Jika acara yang anda lakuka tidak terlalu besar, anda bisa memasukkan unsur lain yang mudah diingat. Seperti gambar landmark kota dimana acara tersebut diselenggarakan. Atau bisa juga dengan maskot kota tempat diselenggarakan acara. Dengan demikian pemilik medali akan lekas teringat ,momen spesial dimana ia menerima medali.

3. Pita Medali

Masalah kualitas medali biasanya ada pada pita yang digunakan. Pita kualitas rendah menjadikan pita menjadi tidak awet. Pita yang digunakan juga harus cocok dengan desain medali. Pilih warna yang fresh untuk acara yang membutuhkan semangat seperti kompetisi olahraga atau kompetisi lainnya. anda bisa menggunakan pita medali tidak hanya dalam satu warna.

Jika anda memiliki keinginan untuk menyematkan banyak tulisan pada medali, anda bisa mempertimbangkan untuk menambahkan beberapa teks tersebut di pita medali. Anda dapat mempertimbangkan untuk menambahkan tanggal ke pita atau detail kecil tentang acara tersebut. Sesuaikan dengan kreatifitas anda.

4. Desain Kombinasi Modern

Pada desain medali, gunakan lingkaran atau oval sebagai tempat awal, tetapi tambahkan sesuatu yang meluas di luar lingkaran untuk memecah bentuk dan memberikan kesan yang lebih dinamis pada medali.anda bisa mencari bentuk medali yang menurut anda bagus di internet atau koleksi medali di produsen medali kustom.

Desain medali tidak selamanya harus berbentuk bulat. Bentuk bulat tersebut memang umum ada pada desain medali.namun anda bisa melakukan eksperimen dengan memberikan tonjolan keluaar lingkaran untuk gambar yang ada di tengah. Dengan demikian desain medali tidak monoton dan terkesan desain tradisional.

5. Pemilihan Warna

Biasanya medali memiliki warna yang sesuai dengan bahan pembuatnya. Warna emas atau perak akan lebih terlihat mengkilap. Namun jika anda menggunakan medali dengan bahan logam yang murah terkadang warna yang di timbulkan akan tidak bagus. Atau bisa juga dengan logam yang murah tersebut medali akan mudah berubah warna dan sifat logamnya karena reaksi yang terjadi di alam.

Untuk mengatasinya anda bisa melapisinya dengan warna lain atau melapisinya dengan unsur logam lainnya. seperti halnya bahan medali emas yang bukan berupa emas murni, namun berbahan perak dan di lapisi dengan lapisan emas. Hal ini selain untuk kekuatan juga agar pembuat medali bisa menekan harga produksi.

6. Teks Pada Medali

Desain Medali
Bahan medali olimpiade. Sumber Unsplash

Medai tidak hanya memiliki desain dengan gambar logo, maskot atau simbol saja. Namun pasti ada teks yang akan di tuangkan dalam desain medali. Yang menjad permasalahan adalah terkadang teks dalam desain medali tidak bisa terbaca dengan jelas. Namun sebenarnya hal ini tidak perlu di risaukan jika anda menemui medali seperti itu ketika membuat.

Medali bukanlah brosur yang mampu terbaca tulisannya dengan sekilas. Perlu memperhatikan dengan seksama untuk bisa memahami dan membaca tulisan teks pada desain medali. Hal ini merupakan sesuatu yang umum terjadi.

Namun anda bisa meminimalisir dengan memberikan warna berbeda antara tulisan dengan latarnya. Bisa juga dengan membuat tulisan yang mengkilap dan latar yang buram. Dengan demikian akan di dapatkan tampilan yang sangat kontras antara tulisan yang ada pada desain medali dengan latar, meskipu antara latar dan tulisan ada pada bidang da bahan yang sama.

Itulah beberapa tips membuat desain medali yang bisa kami ulas. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda dan jangan lupa untuk membagikannya kepada yang lain melalui media sosial anda. Baca artikel kami lainnya tentang fakta unik medali olimpiade. Terima kasih.