Cara Merawat Piala – Anda mungkin baru saja memperoleh kemenangan dari ajang lomba apapun yang Anda ikuti lalu membawa pulang piala. Anda juga mungkin adalah orang yang memiliki segudang prestasi sehingga mempunyai banyak koleksi piala di rumah.

Anda sering dibuat bingung dengan bagaimana perawatan piala-piala tersebut agar tidak kotor dan tetap awet. Padahal piala-piala tersebut merupakan simbol jerih payah Anda saat meraih juara dalam kejuaraan atau lomba. Tentu Anda akan sangat kecewa apabila piala yang Anda perjuangkan ini terlihat kotor, terlihat pucat, bahkan rusak.

Cara Merawat Piala

Ilustrasi Piala, Sumber : annur3.com

Apakah Anda sedang mencari tahu cara merawat piala atau trophy? Berikut ini beberapa cara merawat piala yang bisa Anda lakukan.

1. Memahami Bahan Pembuatan Piala

Anda harus memahami bahan dari piala atau trophy tersebut. Di sini akan membahas mengenai piala yang terbuat dari bahan plastik, karena bahan dari plastik ini yang umum ada di masyarakat.

Alangkah baiknya Anda mengetahui ciri-ciri bahan plastik, agar lebih mudah menangani piala atau trophy milik Anda. Berikut ini sifat-sifat piala dari bahan plastik : bobotnya ringan, mudah pecah bila terjatuh, tidak tahan api, dan cat emas bisa menjadi pucat.

Dari mengetahui sifat-sifat di atas Anda sudah mulai mengerti seperti apa penanganan yang sebaiknya dilakukan dalam merawat piala milik Anda.

2. Bahan selain Plastik

Bahan piala tidak hanya plastik, adapula batu marmer dan kaca. Biasanya piala yang susunannya ada batu marmer atau kaca, bobotnya menjadi lebih berat. Anda harus lebih berhati hati dalam meletakannya, sebab kalau terjatuh lebih mudah pecah daripada plastik.

Dalam membersihkan marmer Anda bisa menggunakan air dan sabun. Anda juga bisa menggunakan pembersih porselen untuk hasil yang lebih mengkilap. Sedangkan untuk membersihkan kaca dapat menggunakan air sabun.

3. Perawatan yang Konsisten

Membersihkan piala tidak harus setiap hari. Konsisten yang dimaksud ialah yang penting jika piala terlihat berdebu segera bersihkan dengan kain halus, seperti kain katun. Jangan gunakan sikat yang kasar karena akan membuat cat emas menjadi tergores.

Gunakan air sedikit saja atau tisu basah lalu usap dan keringkan dengan kain katun tersebut. Jangan gunakan air secara berlebihan karena akan membuat cat cepat pucat. Jangan pula gunakan sabun atau detergen sebab cat akan terkelupas.

Ilustrasi Piala dalam Etalase, Sumber : Firman’s Update

Jika piala Anda sudah diletakkan di dalam etalase atau kaca, Anda hanya perlu membersihkan kaca secara rutin.

4. Perawatan Item Lainnya

Item lain yang dimaksud adalah tulisan, logo, dan pita. Tulisan dan logo biasanya terbuat dari kertas yang dicetak dengan printer lalu dilaminasi. Adapula yang hanya dicetak tanpa dilaminasi.

Anda perlu mengetahui bahwa tulisan dan logo ini terbuat dari kertas dan tinta printer, sehingga usahakan jangan sampai terkena air. Selain dapat membuat kertas menjadi rusak dan hancur, air juga dapat membuat tinta menjadi luntur sehingga tulisan atau logo menjadi rusak dan tidak terbaca.

Seperti yang disebutkan di atas, dalam meletakan piala usahakan pula jauh dari sinar matahari, tulisan atau logo ini akan cepat pudar bila terus terusan terkena sinar matahari, meskipun adapula yang dapat bertahan lama, tetapi alangkah baiknya Anda tidak meletakkan di tempat yang langsung terkena cahaya matahari.

Sedangkan untuk item pita, karena terbuat dari bahan kain, sehingga akan lebih cepat kotor apabila terkena debu. Jika terkena sinar matahari terus menerus pun warnanya juga akan menjadi lusuh.

Namun, solusi untuk membersihkan pita ini dapat Anda lakukan dengan melepas pita lalu direndam di dalam detergen. Jangan terlalu kasar dalam mengucek atau menyikat, sebab membuat pita menjadi rusak.

5. Peletakan Piala di Rumah

Ilustrasi Cara Merawat Piala, Sumber : rumah.com

Meletakan piala atau trophy sama halnya meletakan pajangan di rumah. Anda dapat meletakkan di dalam almari kaca atau etalase. Peletakan di dalam etalase dapat mencegah debu dan kotoran lainnya yang biasanya menempel di piala.

Apabila Anda belum memiliki etalase, piala milik Anda dapat diletakan di dalam kaca seperti akuarium tempat piala. Anda bisa membuat sendiri atau pesan di toko piala.

Namun, bila Anda belum memiliki keduanya, letakkan saja di tempat yang aman dan jauh dari tempat yang biasa Anda gunakan beraktivitas, seperti pojokan ruang tamu atau tembok bagian atas. Hal ini untuk mencegah piala tersenggol lalu jatuh dan pecah.

Saya akan menambahkan hal yang penting dalam peletakan piala ini. Setelah Anda meletakan piala dalam etalase atau kaca dengan rapi ataupun diletakkan di luar etalase atau kaca, jangan letakan di tempat langsung terpapar sinar matahari.

Piala tersebut terbuat dari plastik yang dicat emas. Apabila cat tersebut terkena sinar matahari terus menerus akan membuat warna cat menjadi pucat. Piala Anda pun menjadi terlihat pucat. Oleh sebab itu, jangan letakan di tempat yang langsung terkena sinar matahari.

6. Memperbaiki Piala Rusak

Piala yang rusak seperti pecah atau warna menjadi pucat, tidak dapat diperbaiki sehingga harus membeli yang baru. Oleh sebab itu, tips diatas sebaiknya Anda terapkan sebelum rusak atau berwarna pucat.

Namun, Anda dapat membeli salah satu item yang rusak saja di toko piala tidak perlu mengganti semuanya, sehingga biaya yang anda keluarkan tidak terlalu banyak. Tulisan atau logo yang pudar atau luntur pun dapat Anda ganti dengan yang baru di toko piala.

Demikianlah ulasan mengenai beberapa cara merawat piala. Piala milik Anda merupakan simbol penghargaan yang diberikan orang lain kepada Anda atas prestasi yang Anda perjuangkan. Semoga cara di atas dapat membantu Anda dalam merawat dan mengingat pencapain prestasi Anda, sehingga Anda lebih bersemangat meraih prestasi selanjutnya.