Cara Membuat Gantungan Kunci – Gantungan kunci atau rantai kunci adalah rantai kecil terbuat dari logam atau plastik, yang menghubungkan antara objek kecil dengan lubang kunci. Panjang dari rantai gantungan kunci dapat mempermudah seseorang mempergunakan atau meraihnya, dibandingkan jika hanya kunci saja. Beberapa gantungan kunci sudah bisa memutar dan anti kusut ketika kuncinya sedang digunakan.

Fungsi benda ini tidak terbatas – dari benda dekoratif hingga pembuka botol – gantungan kunci kita dapat berupa harta pribadi atau miniatur eksistensi dari identitas kita masing-masing.” – Erika Houle, penulis The Psychology of Keychains.

Bisa dipastikan kamu sudah tidak asing lagi dengan benda satu ini. Namun belum tentu kamu mengetahui tentang asal muasal dan fakta sejarahnya. Berikut ini fakta yang perlu kamu ketahui tentang gantungan kunci.

Fakta Sejarah

Ilustrasi Souvenir Gantungan Kunci
Ilustrasi Souvenir Gantungan Kunci, Sumber : idntimes.com

Frederick J. Loudin, tercatat sebagai penemu pertama pengikat gantungan kunci pada tahun 1894. Ia merupakan seorang aktivis hak rakyat sipil, yang sering bepergian dengan sekelompok mahasiswa dari Universitas Fisk.

Sehari-harinya, Loudin merupakan seorang penyanyi di grup Jubilee. Sejak saat itu, banyak orang mulai mencoba membuat objek gantungan kunci sendiri yang dilubangi, kemudian menggunakan alat penemuan Loudin untuk proses finishing gantungan kuncinya.

Tahun 1930-an sampai 1970-an menjadi masa-masa ramai dikomersilkannya gantungan kunci. Mulai dari lembaga pemerintahan, tempat pariwisata sampai berbagai perusahaan swasta menggunakan gantungan kunci sebagai souvenir.

Banyak perusahaan swasta menyadari bahwa ini merupakan salah satu sarana marketing yang bagus, sehingga mereka mulai banyak memproduksi gantungan kunci menggunakan logo produk mereka.

Bahkan di tahun 1960-an, Perancis terkena fenomena yang mereka sebut sebagai “tsunami gantungan kunci”, karena sampai ada ribuan gantungan kunci yang dirilis ke pasaran. Di masa ini, perlombaan kreativitas mulai terasa. Hal ini karena banyak pihak terkesan berkompetisi membuat gantungan kunci yang paling menarik dan bagus.

Awal tahun 1980-an, orang pertama kali mengenal gantungan kunci transparan dengan cara kertas cetak yang dimasukkan ke dalam casing plastik keras. Sedangkan awal 1990-an, masyarakat dunia pertama kalinya mengenal gantungan kunci karet dan dari sini mulai banyak bahan serta bentuk unik lainnya. Disusul dengan bahan kayu, kulit sampai resin.

Memasuki tahun 2000-an hingga kini, gantungan kunci sudah mulai digabungkan dengan teknologi, misalnya lampu LED. Sedangkan kini, kita telah mengenal gantungan kunci yang memiliki fitur RFID maupun Bluetooth, yang bisa terhubung dengan smartphone.

Saat ini, pemasarannya sudah ada yang menggunakan pemasaran digital seperti website. Bagi yang sudah memiliki website, bisa menggunakan jasa optimasi seo untuk menaikkan peringkat pencariannya di mesin pencari seperti google, agar banyak orang yang mengunjungi website-nya tersebut.

Cara Membuat Gantungan Kunci

Ilustrasi Cara Membuat Gantungan Kunci
Ilustrasi Cara Membuat Gantungan Kunci, Sumber : okemom.com

Semua orang pasti memiliki kuncinya masing-masing dan menggunakannya setiap hari. Kunci rumah, mobil, kamar, lemari, kamar mandi, meja kantor dan masih banyak lagi. Sebagian besar kunci tersebut dihiasi dengan gantungan kunci.

Bahkan, keychain juga banyak digunakan untuk menghiasi resleting tas. Membuat keychain bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan untuk dicoba. Anda bisa menggunakan berbagai material sesuai yang Anda inginkan, salah satunya adalah gantungan kunci resin.

Gantungan kunci resin adalah keychain yang dibuat dari resin akrilik. Biasanya dipilih karena material tersebut mudah digunakan, dan Anda bebas berkreasi memasukkan berbagai benda ke dalamnya, mulai dari kerang, koin, manik-manik, bunga, glitter, dan lain-lain.

Membuat keychain adalah aktivitas yang cukup mudah dan bisa dilakukan oleh orang dari berbagai usia, bahkan oleh anak-anak dan pemula sekalipun.

Adapun bahan yang Anda butuhkan  antara lain cetakan, alas cetakan, paper cup, resin akrilik, katalisator, craft stick, rantai gantungan kunci, pewarna, dan material dekoratif.

1. Menyiapkan Cetakan

Anda bisa membeli cetakan di toko-toko kerajinan, atau Anda bisa membuatnya sendiri dengan berbagai bahan yang dimiliki di rumah. Anda bisa menggunakan tutup botol bekas, kotak korek api, atau apapun.

Lapisi cetakan yang telah Anda pilih ini dengan pelapis cetakan seperti plastik atau kertas minyak, tujuannya adalah untuk memudahkan ketika akan mengeluarkan gantungan kunci yang telah selesai dibuat dari cetakan.

2. Mencampur Resin

Campur resin dan katalisator dalam paper cup, sesuaikan takarannya dengan apa yang tertera dalam kemasan. Perlu dicatat, Anda harus benar-benar mengikuti aturan pakai yang ada. Mengubah takaran berpotensi membuat adonan tersebut gagal.

Aduk perlahan-lahan dengan menggunakan craft stick. Mengaduk terlalu cepat bisa berakibat muncul gelembung-gelembung yang membuat hasil akhirnya menjadi tidak sempurna. Anda bisa menambahkan pewarna atau benda kecil lainnya seperti glitter pada tahap ini.

3. Menuangkan Resin

Ilustrasi Cetakan Gantungan Kunci
Ilustrasi Cetakan Gantungan Kunci, Sumber : Pinterest

Selanjutnya, menuangkan resin ke dalam cetakan. Kalau Anda ingin menambahkan berbagai material dekoratif pada gantungan kunci, tuang resin sampai setengah dari tinggi cetakan terlebih dahulu.

Tunggu resin akrilik cukup kering, baru tambahkan material dekoratif ke dalamnya. Apabila Anda menambahkan material pada saat resin masih terlalu basah, hiasan akan jatuh ke dasar cetakan. Sebaliknya kalau Anda menambahkan setelah resin  mengeras, hiasan tidak akan tertempel dengan sempurna.

Pastikan tidak muncul gelembung pada resin yang telah dituang. Apabila Anda melihat beberapa gelembung kecil muncul, segera pecahkan dengan jarum atau benda tajam lain sebelum resin akrilik benar benar mengeras.

4. Memasang Rantai

Pasang rantai gantungan kunci yang telah Anda pilih. Anda bisa menggunakan dua cara, langsung memasangnya pada saat resin belum mengering agar rantai terkunci di dalamnya, atau melubangi gantungan kunci akrilik yang sudah jadi dan memasang rantai tersebut. Pilih langkah manapun yang sesuai dengan keinginan Anda.

5. Mengerjakan di Ruang Terbuka

Keychain Anda membutuhkan waktu sekitar 24-48 jam hingga kering sempurna. Anda perlu memastikannya sebelum melepas gantungan kunci akrilik tersebut dari cetakan.

Membuat keychain sendiri memang mudah. Namun untuk keamanan, pastikan Anda mengerjakannya di ruang terbuka atau ruang dengan ventilasi yang baik. Pastikan juga Anda menggunakan sarung tangan.

Demikianlah ulasan mengenai beberapa cara membuat gantungan kunci yang bisa Anda coba. Kalau Anda membutuhkan keychain dalam jumlah yang cukup besar untuk souvenir, membuatnya sendiri tentu cukup merepotkan. Anda bisa memesan gantungan kunci resin ke Josouvenir. Semoga informasi ini bermanfaat.

Chat WA