Souvenir merupakan barang yang hanya memiliki fungsi sebagai barang pajangan. Artinya barang ini tidak memiliki fungsi kegunaan secara langsung. Namun bagi sebagian orang, souvenir memiliki arti yang sangat penting karena mengandung sejarah dari suatu peristiwa penting dalam hidup. Karena itu pada artikel kali ini kami akan mengulas tips merawat souvenir dari kayu yang berupa ukiran atau patung.

Merawat Souvenir Dari Kayu
Souvenir mengingatkan tempat tertentu. Sumber Unsplash

Mengapa Harus Souvenir Kayu ?

Kayu memiliki sifat yang mudah dibentuk dan bertahan lama jika dirawat dengan baik. Selain itu kayu juga memiliki nilai estetika yang tinggi dibanding bahan lainnya. Semakin terbatasnya kayu dengan kualitas yang bagus menjadikan harganya melonjak naik. Tidak jarang beberapa produk souvenir yang tadinya berbahan kayu kemudian beralih menggunakan bahan lainnya seperti plastik.

Karena itulah, jika anda memiliki barang berupa souvenir kayu berupa patung atau pahatan maka sesungguhnya anda memiliki barang dengan nilai seni yang tinggi. Anda bisa mendapatkan barang ini di gerai yang jual medali, piala dan pernak pernik sejenis. Barang yang bernilai seni tinggi perlu untuk dilakukan perawatan agar barang tersebut awet.

Tips Merawat Souvenir Dari Kayu

Perawatan barang dari kayu baik itu souvenir, furnitur, dan barang lain yang berasal dari kayu tidak boleh sembarangan. Sifat bahan alami dari kayu harus melalui perawatan yang berbeda dengan bahan sintetis lainnya. Ada beberapa tips yang bisa anda pakai dalam perawatan souvenir kayu berikut ini.

1. Simpan Pada Tempat Khusus

Sebaiknya souvenir di simpan atau di pajang pada tempat khusus. Jangan di campurkan dengan baeang yang berat karena jika tertimpa atau tertindih akan menjadi rusak. Souvenir kayu dalam bentuk patung, pahatan dan sebagainya bagus untuk di pajang di ruang tamu atau ruang keluarga. Rak yang memiliki pintu kaca pada lemari bufet bisa dijadikan tempat pajangan souvenir kayu yang tepat. Jika tidak ada anda bisa membuat atau membeli rak yang memiliki bentuk artistik yang bisa di tempelkan pada dinding ruang tamu.

Fungsi dari souvenir adalah pengingat suatu kejadian atau suatu tempat. Akan sangat disayangkan jika anda hanya menyimpannya begitu saja tanpa dipajang. Dengan di pajang, anda sewaktu-waktu bisa mengingat momen atau tempat yang indah yang pernah anda alami. Selain itu souvenir pajangan bisa sebagai penambah nilai estetika ruangan.

2. Jangan Diletakkan di Tempat Lembab

Kelembaban udara dapat mempengaruhi kualitas souvenir kayu dalam jangka waktu yang lama. Udara lembab dapat memancing berkembangbiaknya jamur atau serangga yang berbahaya bagi kayu. Hal inilah yang memudahkan souvenir kayu mudah sekali lapuk. Karena itu untuk merawat souvenir dari kayu, anda bisa meletakkan souvenir tersebut di tempat yang kering.

3. Jangan Terkena Panas Secara Langsung

Tempat kering bukan berarti tempat yang panas atau mendapatkan sinar matahari langsung. Bahan kayu yang terkena panas, baik itu dari sinar matahari secara langsung atau terkena hawa panas seperti uap magic com atau peralatan rumah tangga lainnya akan membuat kayu menjadi rusak. Paparan panas terus menerus akan menyebabkan kayu menjadi kering dan keriput. Bahkan souvenir kayu dapat retak jika menggunakan kayu dan finishing yang kurang berkualitas. Tempatkan souvenir pada tempat yang memiliki suhu normal dan aman dari hawa panas secara langsung.

4. Keringkan Noda Air.

Air yng menempel pada souvenir kayu jika tidak segera dibersihkan akan meninggalkan noda yang akan sulit di bersihkan. Meskipun sulit dibersihkan, anda bisa menghilangkanya dengan mengusapkan campuran pasta gigi dan baking soda atau campuran minyak goreng dan abu dengan kain lembut pada permukaan souvenir kayu yang terdapat noda. Anda cukup mengusap campuran tadi dengan menggunakan jari jika noda yang ditimbulkan oleh air tersebut kecil.

5. Bersihkan Souvenir Kayu Secara Berkala

Bersihkan souvenir kayu dengan rutin. Pembersihan dengan rutin akan menjadikan pajangan anda terlihat enak di pandang. Jangan salah sangka, meskipun berada di dalam lemari pajangan, tidak tertutup kemungkinan souvenir kayu milik anda akan terkena debu meskipun hanya debu tipis. Tentu debu inni akan merusak pandangan.

Pada dasarnya, souvenir kayu dapat dibersihkan dengan lap kain katun saja. Namun ada kalanya debu-debu, kotoran, atau jamur pada souvenir dari kayu tidak bisa hilang hanya dengan di lap menggunakan kain karena berada dalam lekukan atau celah ukiran sehingga perlu menggunakan sikat gigi atau sikat berukuran kecil.

6. Gunakan Bahan Pembersih Khusus

Anda bisa menggunakan bahan pembersih khusus kayu dan cairan pelapis kayu yang dapat dibeli di toko. Dengan cairan ini, souvenir dari kayu yang anda miliki akan terlihat mengkilap jika di bersihkan menggunakan bahan pelapis ini. Alternatif lainnya adalah, anda bisa menggunakan seduhan teh yang kental sebagai pembersih kayu untuk hasil warna dan kilau yang maksimal.

Merawat Souvenir Dari Kayu
Souvenir unik dari kayu. Sumber Unsplash

Jangan menggunakan bahan kimia berbahaya seperti bahan yang bersifat korosif untuk membersihkan souvenir kayu. Bahan ini selain bisa merusak kayu, jika menetes pada rak kayu justru akan menimbulkan bercak yang sulit dihilangkan. Bisa juga akan merusak lapisan pernis yang sudah ada sebelumnya. Hal ini akan menjadikan kerja dua kali.

Itulah ulasan mengenai tips merawat souvenir dari kayu yang bisa kami sampaikan. Semoga artikel ini memberikan informasi bermanfaat kepada anda. Jangan lewatkan tips dari kami lainnya salah satunya tips belanja hemat kerajinan souvenir di Jogja. Terima kasih.

Chat WA